Teknik Dasar Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Peraturannya

Teknik Dasar Mengumpan Bola (Passing)

Teknik Dasar Sepak Bola : Pengertian, Sejarah Dan Peraturannya – DosenPendidikan.Com – Menguasai teknik mengumpan dan mendapat bola adalah hal yang pula krusial pada permainan sepak bola. Siapa yg tidak bisa melakukan passing atau umpan, sama saja beliau tidak mampu bermain sepak bola.

Kenapa umpan? Lantaran mengumpan lebih efektif menurut dalam menggiring bola.

Berikut ini teknik mengumpan bola menurut sisi kaki yg digunakan:

Teknik mengumpan bola menggunakan kaki bagian pada

Mengumpan bola menggunakan memakai kaki bagian dalam banyak dimanfaatkan buat memberikan bola bola jarak pendek antara pemain satu menggunakan pemain lainnya.Sikap awalDiawali menggunakan sikap berdiri menghadap arah mobilitas.Letakkan kaki tumpu disamping bola menggunakan perilaku lutut relatif tertekuk dan bahu menghadap arah gerakan.Sikap kedua lengan disamping badan relatif terlentang.Pergelangan kaki yang akan dipakai menendang diputar ke luar dan dikunci.Pandangan terpusat dalam bola.Gerakan mengumpan bolaPerhatikan kesiapan sahabat yang akan diberi bola.Tarik tungkai yang akan dipakai menendang ke belakang lalu ayun ke depan ke arah bola.Tending bola dengan kaki bagian pada tepat dalam tengah-tengah bola.Sikap akhirPindahkan berat badan ke kaki tumpu depan bersamaan kaki yang dipakai menendang diletakkan pada depan.Pandangan ke depan.

Teknik mengumpan bola menggunakan kaki bagian luarSikap awalDiawali menggunakan sikap berdiri menghadap arah gerakan bola.Letakkan kaki tumpu disamping bola.Sikap kedua lengan pada samping badan menggunakan agak terlentang.Pergelangan kaki yang akan digunakan menendang dipakai menendang diputar & dikunci.Pandangan terpusat pada bola.Gerakan mengumpan bolaPerhatikan kesiapan teman pasangan atau partner telah siap atau belum menerima umpan bola.Tarik kaki yg akan digunakan mengumpan ke belakang, lalu ayunkan ke depan kea rah bola bersamaan kaki diputar ke arah pada.Perkenaan kaki kea rah bola tepat pada tengah-tengah bola.Sikap akhirBawa berat badan ke depan beramaan kaki yang digunakan menendang diletakkan pada depan.Pandangan ke depan

Baca juga : Teknik Dasar Bola Voli

Teknik mengumpan bola dengan punggung kaki

Mengumpan dengan memakai punggung kaki banyak digunakan buat memberikan bola jeda jauh antara pemain satu dengan pemain yg lainnnya & bola agak deras.

Yang membedakan dengan mengumpan memakai kaki bagian dalam merupakan berkenaan kaki menggunakan bola.Sikap awalDiawali menggunakan sikap berdiri menghadap arah gerakan.Letakkan kaki tumpu disamping bola dengan perilaku lutut agak tertekuk dan bahu menghadap gerakan.Sikap ke 2 lengan disamping badan agak terlentang.Pergerakan kai yg akan dipakai menendang ditarik ke belakang dan dikunci.Pandangan terpusat dalam bola.Gerakan mengumpan bolaPerhatikan kesiapan teman telah siap atau belum mendapat umpan bola.Tarik tungkai yang akan dipakai menendang ke belakang kemudian ayun ke depan ke arah bola.Perkenaan kaki sempurna di tengah-tengah bola.Sikap akhirBawa berat badan ke depan bersamaan kaki yg dipakai menendang diletakkan pada depan.Pandangan ke depan.

Perlu diperhatikan jua bahwa pembawa bola yg baik senantiasa mengumpan bola sebelum dia ‘mentok’. Jadi jangan jika telah ‘mentok’, baru mengumpankan bolanya. Sebab jikalau begitu, umpan bolanya tentu menjadi ‘tidak enak’.

Beberapa kesalahan pada mengumpan bola yang wajibdihindari:Laju bola tidak sesuai menggunakan jarak passing.Umpan bola nir akurat.Mengumpan padahal saatnya buat menembak.Kontrol bola kurang aporisma.

Mengumpan tidak mesti selalu sempurna ke orangnya. Contohnya waktu dalam situasi berikut adalah:Kalau teman kita sedang berlari, kita memberinya umpan pada ruang kosong didepannya.apabila kita ingin teman kita merangsek ke depan pada saat yang lebih cepat, kita memberinya umpan dalam ruang kosong didepannya sebagai akibatnya beliau berlari kedepan buat mengejar bola tersebut.Saat melakukan umpan terobosan.

Menerima bola nir selalu harus menghentikannya. Tapi bisa jua dengan…Langsung diarahkan pada sahabat.Diarahkan ke arah kita akan berlari membawa bola, sebagai akibatnya lebih ekonomis saat.Diarahkan ke loka kosong yang menjauh dari versus terdekat buat mengurangi penjagaan dalam diri kita.

Passing bola pun terbagi sebagai beberapa jenis, yaitu:Umpan 1-dua (wall pass)Umpan terobosan (through pass)Umpan silang (crossing)Umpan diagonal

Baca Juga : Lompat JauhTeknik Dasar Menendang Bola (Kicking)

Secara umum, terdapat 7 teknik dalam menendang bola. Sebagian berdasarkan teknik-teknik itu kerap kita lakukan, namun sebagian yang lain memerlukan latihan tersendiri. Ketujuh teknik menendang bola itu pada antaranya:Menendang bola menggunakan sisi dalam kakiMenendang bola menggunakan sisi luar kakiMenendang bola dengan punggung kaki (kura-kura)Menendang bola menggunakan punggung sisi pada kakiMenendang bola menggunakan tumitMenendang bola dengan ujung jari kaki/sepatu

Berikut ini penerangan dan langkah-langkah berdasarkan teknik dasar menendang bola sesuai dengan kondisi yg mesti engkaukuasai untuk dapat menjadi pemain sepak bola yang handal:

Teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam

Berikut ini langkah-langkah tentang teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam:Berdiri dengan sikap tubuh menghadap ke arah bola.Posisikan kaki kiri bertumpu pada samping bola menggunakan lutut sedikit ditekuk.Pastikan tubuh relatif sedikit condong ke belakang.Untuk ekuilibrium, tekuk sedikit kedua tangan pada samping badan.Fokuslah ke arah bola & dalam sasaran tembakmu.Bidiklah bola sempurna di bagian tengahnya dengan bagian pada menurut kaki.Kemudian, ayunkan kaki kanan berdasarkan belakang ke depan & tendang bolanya dengan target bola berada pada bagian samping.Setelah menendang, tumpu berat badan ke kaki kanan atau yang digunakan buat menendang.Mendarat menggunakan baik dengan mendahulukan kaki kanan tadi.

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar

Teknik ini merupakan tendangan yang memakai sisi bagian luar menurut kaki, dan digunakan buat menendang menggunakan jarak tempuh tendangan yang lebih dekat.

Berikut langkah-langkah menendang bola dengan kaki bagian luar:Sikap awal tubuh merupakan berdiri menghadap ke arah bola.Kaki kiri atau yg menumpu tubuh diletakkan di samping bola yg akan ditendang.Kedua tangan dirilekskan untuk menjaga keseimbangan tubuh.Kaki kanan atau yang digunakan buat menendang bola sedikit diputar ke pada.Pandangan mata ke arah bola.Ayunkan kaki yg dipakai buat menendang bola ke arah depan.Kaki bagian luar disentuhkan atau dikenakan pada bola.Kemudian, geser atau condongkan berat badan ke bagian depan tubuh.

Teknik menendang bola dengan bagian punggung kaki

Menendang bola dengan kaki bagian punggung digunakan buat jarak tempuh tendangan yg jauh.

Berikut langkah-langkah menendang bola menggunakan kaki bagian punggung:Sikap awal tubuh berdiri menghadap bola.Kaki kiri atau yang dipakai buat menumpu diletakkan pada samping bola dengan sedikit menekuk lutut.Kedua tangan rileks buat menjaga keseimbangan tubuh.Pandangan mata fokus ke arah bola.Tekuk ke bawah pergelangan kaki yg akan digunakan buat menendang bola.Ketika menendang, tekuk menghadap ke depan lutut kaki kanan atau yang dipakai buat menendang dan ayunkan dari belakang ke arah bola, kemudian sentuhkan kaki pada bola bagian belakang.Setelah menendang, tumpukan berat badan ke bagian depan.

Baca Juga : Model/Metode PembelajaranTeknik Dasar Menghentikan Bola (Stopping)

Menghentikan bola merupakan galat satu teknik dasar dalam permainan sepak bola yg penggunaannya bersamaan menggunakan teknik menendang bola. Tujuan menurut menghentikan bola merupakan buat mengontrol bola, yang pada dalamnya pula termasuk buat mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan mempermudah buat melakukan passing. Ada beberapa cara buat menghentikan bola. Yaitu menggunakan kaki bagian pada, luar, telapak kaki, punggung kaki, dengan dada, paha, & dengan perut. Berikut penerangan & cara melakukannya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *