Piala Aff 2020, Timnas Indonesia Didera Masalah Menjelang Laga Kontra Vietnam

TEMPO.CO, Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bercerita ada kasus yg melanda timnya menjelang laga melawan Vietnam pada ajang Piala AFF 2020. Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada matchday keempat Grup B Piala AFF di Bishan Stadium, Bishan, Singapura, Rabu, 15 Desember 2021.

Tae-yong menyatakan bahwa peraturan yang mengharuskan mereka tinggal pada pada gelembung pada turnamen ini berdampak dalam mental para pemain. Hal itu, menurut dia, berpengaruh dalam performa Witan Sulaeman cs. Meskipun demikian, dia mengakui terdapat perkembangan pada sejumlah area permainan Skuad Garuda.

“Semua tim berada di pada gelembung & itu mempengaruhi mental pemain kami & itu mungkin sesuatu yg menciptakan kami tak bisa menikmati pertandingan, namun tim ini semakin lebih baik pada banyak area,” kata Tae-yong pada konferensi pers impian yg digelar dalam Selasa 14 Desember 2021.

“Kami mempersiapkan pertandingan melawan Vietnam menggunakan baik tapi ada beberapa sesuatu yg terjadi, tetapi nir diinginkan sang kami. Kalau nir terdapat hal-hal misalnya ini, mungkin akan lancar saja.”

Shin Tae-yong menolak buat menyebutkan secara detail persoalan yang ada pada skuadnya. Pelatih asal Korea Selatan itu berjanji bakal menyampaikannya ke publik selesainya laga melawan Vietnam.

“Saya baru bisa berbicara jujur sesudah pertandingan melawan Vietnam selesai,” kata Shin Tae-yong. “Saat ini, belum sanggup saya katakan. Saya akan mengungkapkan semuanya dalam konferensi pers selesainya pertandingan terselesaikan.”

Pernyataan Shin Tae-yong itu terkait kondisi para pemainnya. Pada laga pertama kontra Kamboja, 2 punggawa Timnas Indonesia, Ryuji Utomo dan Pratama Arhan Alif Rifai mengalami cedera. Keduanya pun sempat absen pada laga kontra Laos. Nama Ryuji & Pratama bahkan tidak masuk pada daftar pemain cadangan pada laga itu.

Timnas Indonesia waktu ini menempati posisi zenit klasemen Grup B Piala AFF 2020 berkat kemenangan 4-dua atas Kamboja & 5-1 atas Laos. Indonesia unggul selisih gol dari Vietnam yang berada pada posisi ke 2 dan Malaysia yang di peringkat ketiga. Malaysia sudah melakoni tiga laga & menelan kekalahan 0-3 menurut Vietnam.

Laga ketiga Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Vietnam akan berlangsung dalam Rabu malam besok, 15 Desember 2021 pukul 19.30 WIB. Setelah itu, Witan Sulaeman cs akan menghadapi Malaysia pada partai terakhir babak penyisihan grup pada Ahad mendatang. Skuad Garuda minimal harus meraih output imbang dalam dua laga itu apabila ingin mengantongi tiket ke babak semifinal.

Baca: Gol Witan Sulaeman Jadi Kandidat Gol Terbaik Matchday Ketiga Piala AFF 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *