Berukuran Lapangan Sepak Bola : Teknik, Peraturan, Sejarah

Sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian kemari buat diperebutkan pada antara pemain-pemain yg memiliki tujuan buat memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri supaya tidak kemasukan bola. Di dalam permainan sepak bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang atau kiper yang diperbolehkan memainkan bola menggunakan kaki & tangan. Sepak bola adalah permainan beregu yang masing-masing regu terdiri atas sebelas pemain. Biasanya permainan sepak bola dimainkan dalam 2 babak (dua×45 mnt) menggunakan waktu istirahat (10 mnt) di antara 2 babak tadi.

Mencetak gol ke gawang merupakan sasaran berdasarkan setiap kesebelasan. Suatu kesebelasan dinyatakan menjadi pemenang apabila kesebelasan tadi dapat memasukkan bola ke gawang lebih banyak dan kemasukan bola lebih sedikit apabila dibandingkan menggunakan lawannya.Sejarah Sepak Bola Dunia

Menurut beberapa catatan sejarah, sepak bola dimulai pada tahun lima.000 SM diman sepakbola dengan nama tsu chu. Pada masa tadi sepak bola ini dimanfaatkan sebagai bentuk latihan fisik bagi para tentara, dan menjadi pertunjukan saat kaisar berulang tahun.

Berselang 2.000 tahun berikutnya atau tepatnya pada tahun 3.000 SM terdapat juga catatan sejarah sepak bola dunia yg mencatatkan bahwa permainan ini pernah dimainkan oleh wargaJepang yg dinamakan oleh mereka dengan sebutan KEMARI.

Setelah itu masih ada juga sedikit catatan sejarah sepak bola dunia lainnya, yakninya dalam tahun dua.500 SM, dimana orang Mesir kuno melakukan ritual antik keagamaan yg hampir sama menggunakan permainan sepak bola.

Selanjutnya pada tahun 600 M sampai 1600 M permainan sepak bola mulai dimainkan oleh orang-orang mulai menurut Amerika Tengah dan Mexiko hingga pada abad pertengahan negara-negara eropa lainnya mulai memainkannya. Akan tetapi permainan sepak bolanya masih berupa gabungan sepak bola, voli & basket, permainan ini lebih mirip rugby.

Pada tahun 1820 -1863 Peraturan sepak bola yg kita kenal kinimulai digodok. Dan dalam akhirnya dalam tahun 1863 Asosiasi sepak bola di global pertama didirikan di Inggris, yaitu asosiasi sepak bola inggris yang dikenal dengan sebutan FA. Pembentukan asosiasi ini diawali perbedaan pendapat mengenai peraturan dan acara dalam sepak bola sebelumnya, sehingga sepak bola yg menggunakan tangan dikenal menggunakan rugby & sepak bola dengan kaki dikenal menggunakan football Dan dalam akhirnya federasi sepak bola global pun didirikan pada tahun 1904 dengan nama FIFA, yang beranggotakan Prancis, Denmark, Belgia, Belanda, Swiss, Spanyol dan Swedia.. Setelah 26 memahami FIFA berdiri, baru pada tahun 1930 kejuaran sepak bola antar negara di dunia diadakan Uruguay menggunakan Italia sebagai juaranya.Ukuran Lapangan Sepak Bola

Panjang menurut garis samping wajiblebih besarberdasarkan panjang garis gawang.Panjang (garis samping) :minimal 90m (100 yard)maksimal120m (130 yard)Lebar (garis gawang) :minimal 45m (50 yard)aporisma 90m (100 yard)semua garis wajibmempunyai lebar yg sama dan nir boleh lebih lebar dari 12 cm (5 inci).Ukuran Standart Lapangan Sepak bola Internasional

Panjang :minimal 100m (110 yard)maksimal110m (120 yard)Lebar :minimal 64m (70 yard)maksimal75m (80 yard)Permukaan Lapangan

Pertandingan dapat dilakukan di lapangan permukaannya dilapisi dengan rumput orisinil atau buatan / artifisial, sepanjang ketentuan tentang itu ditetapkandalam peraturan kompetisi yang berlaku. Warna menurut rumput protesis harus hijau. Apabila lapangan yang permukaannya terbuat menurut rumput buatan / artifisal dipergunakan dalam pertandingan antara team – team yg mewakili Asosiasi – asosiasi Anggota yg bekerjasama pada FIFA atau pertandingan kompetisi antar klub internasional, permukaan artifisial itu wajibmemenuhi persyaratan Konsep Kualitas FIFA berdasarkan lempengan tanah yang dilapisi rumput buatan / artifisial atau memenuhi standart Internasional mengenai lempengan tanah yang dilapisi rumput buatan / artifisial, pengecualian berdasarkan itu hanya dapat dilakukan atas pengecualian yang diberikan FIFA.Marka Lapangan

Lapangan permainan sepakbola wajibberbentuk empat persegi panjang & ditandai menggunakan garis – garis. Garis – garis ini termasuk pada daerah permainan yang dibatasinya. Dua garis batas yg panjang disebut garis samping. Dua garis yang pendek disebut garis gawang. Lapangan permainan dibagi pada dua bagian sang sebuah garis tengah, yg bertemu menggunakan titik tengah menurut kedua garis samping. Titik tengah terdapat dalam pertengahan garis tengah. Lingkaran dengan radius 9,15 m (10 yard) menandai disekelilingnya.

Tanda – pertanda boleh dibentuk diluar lapangan permainan, 9,15 m (10 yard) berdasarkan besarsudut & garis tegak lurus menggunakan garis gawang & garis samping, buat memastikan bahwa pemain bertahan mundur hingga jarak ini ketika tendangan sudut dilakukan.

Dilarang buat menandai lapangan permainandengan garis – garis putus atau bengkok – bengkok.

Apabila seorang pemain menggunakan kakinya membuat tanda – tanda yg nir diperbolehkan dalam lapangan permainan, maka dia harus dieksekusi menggunakan peringatan (kartu kuning) buat konduite yg nir sportif. apabila wasit melihat hal itu dilakukan dalam waktu pertandingan sedang berlangsung, beliau wajibmenghukum pemain tersebut dengan peringatan (kartu kuning) dalam waktu bola meninggalakan lapangan permainan.

Hanya garis – garis yang ditetapkan di pada peraturan lapangan permainan saja yang boleh terdapat di lapangan permainan.Daerah Gawang

Dua butir garis tegak lurus dengan garis gawang dibuat pada sisi kiri dan kanan gawang, menggunakan jarak lima,5m (6 yard) diukur berdasarkan bagian sebelah dalam tiang gawang. Kedua garis ini ditarik ke pada lapangan permainan dengan panjang lima,5m (6 yard)& dihubungkan dengan garis yang sejajar menggunakan garis gawang. Daerah yang dibatasi sang garis – garis ini & garis gawang merupakan wilayah gawang.Daerah Pinalti

Dua buah garis tegak lurus menggunakan garis gawang dibentuk dalam sisi kiri dan kanan gawang dengan jarak 16,5m (18 yard) diukur berdasarkan bagian sebelah pada tiang gawang.. Kedua garis ini ditarik ke pada lapangan permainan dengan panjang 16,5m (18 yard) & dihubungkan dengan garis yg sejajar dengan garis gawang. Daerah yang dibatasi oleh garis – garis ini dan garis gawang merupakan wilayah pinalti.

Pada setiap wilayah pinalti dibuat sebuah titik pinalti yang berjarak 11m (12 yard) berdasarkan titik tengah antara ke 2 tiang gawang dan sama jaraknya menggunakan tiang gawang tadi.

Diluar daerah pinalti dibuat suatu garis busur / lingkaran menggunakan radius 9,15m (10 yard) menurut masing – masing titik pinalti.Tiang Bendera

Tiang bendera dengan tinggi kurang menurut 1,5m (lima kaki) yg bagian atasnya tumpul dan dengan bendera terpasang, ditempatkan pada setiap sudut lapangan. Tiang bendera boleh juga ditempatkan diujung garis tengah, tidak kurang dari 1m diluar garis samping.Busur Tendangan Sudut

Untuk tendangan sudut, berdasarkan setiap bendera sudut dibuat 1/4 bulat menggunakan radius 1m (1 yard) ke dalam lapangan permainan.

Gawang

Gawang wajibditempatkan pada bagian tengah masing – masing garis gawang. Gawang terdiri berdasarkan 2 tiang tegak lurus yang sam jaraknya dari tiang bendera sudut dan dihubungkan secara horizontal oleh sebuah mistar / palang palang gawang.

Tiang gawang dan mistar gawang wajibterbuat dari kayu, logam atau bahan lain yang disetujui. Bentuknya wajibbujur sangkar, empat persegi panjang, bundaratau bundarpanjang & harus tidak berbahaya bagi para keselamatan pemain.

Lebar gawang merupakan 7,32m (8 yard) & jarak menurut bagian paling bawah mistar / palang gawang ke tanah adalah dua,44m (8 kaki).

Lebar ke 2 tiang gawang & mistar / palang gawang sama, tidak lebih menurut 12cm (lima inci). Lebar garis gawang sama menggunakan lebar tiang gawang dan mistar / palang gawang. Jarring gawang diikatkan ketiang gawang, mistar / palang gawang & tanah pada bagian belakang gawang, dengan syarat bahwa jarring gawang tadi tersanggah dengan baik & nir mengganggu penjaga gawang.

Tiang gawang & mistar / palang gawang harus berwarna putih. Jika mistar / palang gawang terjatuh / rusak, pertandingan dilarang hingga pemugaran / pergantian terselesaikan dilakukan. apabila nir mungkin buat diperbaiki, pertandingan ditunda / dibatalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *