13 Peraturan Permainan Bola Voli Yang Perlu Engkau Ketahui [lengkap]

Olahraga merupakan suatu kegiatan buat melatih tubuh seseorang baik jasmani juga rohani. Olahraga secara rutin sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan berolahraga metabolisme yang terdapat di dalam tubuh menjadi lancar, sehingga pendistribusin dan penyerapan nutrisi menjadi lebih efektif dan efisien.

Berbicara mengenai olahraga, kali ini alihamdan akan mengulas tentang apa saja peraturan permainan bola voli.

Permainan bola voli adalah salahsatu permainan bola akbar yg telah ada berdasarkan zaman dulu hingga kini, bahkan sudah dipertandingkan secara Internasional juga pada olimpiade.

Peraturan permainan bola voli sudah ada ketetapan-nya dengan standar Internasional, diadakan-nya peraturan tadi bertujuan supaya memudahkan setiap pemain sebagai akibatnya tidak terjadi kejanggalan ketika bermain bahkan dalam pertandingan sekalipun.

Aturan permainan bola voli mampu berubah sewaktu-saat hal ini yg tetapkan merupakan FIVB (Federation International De Volleyball) sebagai organisasi Internasional, sedangkan dalam taraf nasional PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Mengenai peraturan permainan bola voli, mungkin bagi sebagian orang berdasarkan kalian belum mengetahui secara detail, sang karena itu simak penjelasan di bawah ini.1. Lapangan Bola Voli© graastudio.blog

Mengenai lapangan permainan bola voli ini sudah ada ketentuannya, yg aturan tersebut telah disepakati sang organisasi yang berwenang (FIVB) dan (PBVSI).1.1. Ukuran LapanganLebar : 9 meterPanjang : 18 meterLebar garis : lima meter.1.dua. Jaring Net

Tak hanya lapangan bahkan jaring net-nya pun terdapat anggaran yg harus dipatuhi, tentang jaring net ukurannya yaitu:Lebar : 1,00 meterPanjang : 9,5 meterLebar mata jaring : 10 centimeterTinggi buat voli putra : 2,43 meterTinggi dalam voli putri : 2,24 meter.1.3. AntenaDiameter : 1 cmPanjang : 1,80 meter.

Disamping kiri & kanan net wajibdipasang antena yg letaknya lurus pas pada atas garis lapangan. Kemudian antena harus berwarna belang, selama ini warna hitam putih yg paling poly dipakai dan terbuat berdasarkan bahan kenyal seperti fiber dll.

Penjelasan Lebih Lengkap: Inilah Materi Lengkap Permainan Bola Voli2. Bola Voli

Yang satu ini adalah senjata primer pada sebuah permainan bola voli. Bisa dibilang hanya menghayal, meskipun semua perlengkapan telah siap kalau bola-nya enggak terdapat kan sama aja.

Mengenai bola voli jua ada ketentuan dan peraturan yang wajibdipatuhi, pada mana pihak organisasi yang berwenang sudah menetapkan berukuran standar bola voli yaitu:Diameter : 65 – 67 cmBerat : 250 – 280 grTerdiri dari : 12 – 18 jalur/garisTekanan udara : 0,48 kg/cm2 – 0,52 kg/cm2.

Bahan yg digunakan berdasarkan bola voli ini berupa kulit lunak atau bahan lain namun masih sejenis, bentuk bola harus sempurna & bahan dalamnya terbuat berdasarkan karet, warnanya jua harus jelas.tiga. Wasit

Wasit sangatlah penting pada setiap pertandingan baik pertandingan bola voli juga yang lainnya. Wasit ini berfungsi sebagai hakim atau pengawas dalam sebuah pertandingan & memiliki impak amat luar biasa.

Selain itu tugas wasit pula wajibbijak dalam menetapkan, apabila galat satu dari tim memasukkan bola dalam area lawan, berarti tim tadi mendapatkan poin, tetapi selesainya disahkan oleh wasit. Pengaruhnya sangat akbar, maka berdasarkan itu tak sedikit tim-tim yang sukakongkalikongmenggunakan wasit.4. Jumlah dan Kelengkapan Atribut

Perlu diperhatikan bahwa jumlah pemain bola voli dalam satu tim yaitu berjumlah 6 orang menggunakan disertai pemain cadangan pula sebanyak enam orang.

Para pemain harus menggunakan sandang olahraga yg disertai angka punggung dan dada, memakai celana pendek dan pula sepatu olahraga.lima. Pergeseran Pemainbolavoliholic.blogspot.com

Mengenai pergeseran pemain ketika bermain bola voli yaitu harus searah dengan jarum jam. Jika keliru satu dari tim penerima servis memenangkan permainan, maka seluruh diharuskan buat pindah posisi atau bergeser termasuk toser. Catatan spesifik buat toser setiap terselesaikan melakukan servis beliau harus pulang ke tempat asalnya.

Baca Juga: Teknik Dasar Bermain Bola Voli menggunakan Benar6. Waktu Permainan Bola voli

Lama permainan bola voli diadaptasi dari jumlah poin pada sebuah set. Dalam system rally poin jumlah yg wajibdi dapat yaitu 15 poin.

Terkecuali apabila terjadi deice 14 : 14 atau 24 : 24. Untuk memenangkan pertandingan sanggup dua set pribadi atau 3 set.7. Teknik Bermain VoliTiap-tiap tim diberi hak memainkan bola sebanyak tiga kali, apabila melebihi jumlah itu dipercaya mangkat Seorang pemain nir boleh memainkan bola dua kali berturut-turut, apabila melebihi itu dianggap tewasDikatakan bola hidup apabila telah diservis hingga bola meninggal atau menyentuh tanahTim yang melakukan servis bila memenangkan pertandingan berhak mendapatkan satu poinSebaliknya bila bola nir mampu dikembalikan maka poin bagi versus.

Ketika melakukan servis lebih baik bola dilambungkan terlebih dahulu, dinyatakan masuk apabila bola jatuh di dalam garis ataupun pas digaris lawan.

Penjelasan Lengkap: Inilah 5 Teknik Dasar Permainan Bola Voli8. Pelanggaran dan Kesalahan

Kalau di atas kita telah banyak membahas mengenai peraturan dalam permainan bola voli ayo sekarang ini pindah haluan, biarkamu enggak terlalu kudet-kudet amat tentang macam-macam pelanggaran yang terdapat pada permainan bola voli.Pemain menghipnotis wasit (kongkalikong )Menegur wasit & pembantu wasitKedua kaki masuk ke pada area versusMeninggalkan lapangan tanpa biarTangan terlalu masuk dalam waktu blockingMenyentuh net secara sengaja maupun nir sengajaBerbicara kasar atau mengumpat terhadap wasit atau juriTidak dinyatakan pelanggaran jika tubuhnya selain tangan menyentuh net dengan tidak sengajaMenerima petunjuk dan arahan menurut luar lapangan saat pertandingan berlangsung.9. Sistem Pertandingan atau Format KompetisiPertandingan menggunakan aturan kompetisi, dengan 8 tim di dalamnya, lalu dibagi menjadi dua gerombolan Kemudian setiap grupnya terdiri berdasarkan 4 timSetiap tim diberikan jatah 10 orang6 orang bermain sedangkan 4 orang lagi sebagai cadangan.

Ketika pertandingan berlangsung seorang pelatih dibolehkan mengganti pemain cadangan, tanpa ada batasan jumlah penggantian.

Artikel Terkait: Materi Lengkap Permainan  Bola Basket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *