Peraturan Permainan Sepak Bola Yang Perlu Diketahui, Terdapat 10 Hal Utama

Ilustrasi sepak bola. (Shutterstock)

Bolatimes.com – Peraturan permainan sepak bola yang perlu diketahui. Sebagai suatu permainan, sepak bola mempunyai sederet anggaran buat membuat permainan berlangsung menggunakan adil & tak memberatkan suatu pihak.

Saat ini, poly anggaran yg tercipta pada sepak bola. Sebagai model ada aturan Offside, Handball, durasi permainan, hingga berukuran lapangan yang digunakan buat permainan.

Peraturan permainan pada sepak bola ini diatur pada sebuah dokumen berjudul ‘FIFA Laws of the Game’ yg wajibdipatuhi oleh negara-negara yg berstatus anggota FIFA.

Peraturan dasar sepak bola atau Laws of the Game sendiri pertama kali digagas sang Ebenezer Cobb Morley yg kemudian dianggap bapak sepak bola terbaru.

Aturan ini pertama kali disebarkan lewat media massa yakni koran kepada rakyat pada tahun 1863. Tujuan aturan ini disebarkan supaya para klub amatir setuju dengan satu anggaran dalam permainan.

Selain itu, Morley mengajak seluruh perwakilan klub buat membahas dan menentukan aturan dalam sepak bola. Aturan pertama yang dikenal yakni wacana offside.

Peraturan itu pun bukanlah karangan Morley sendiri. Ia menciptakannya dari pengamatannya terhadap suatu pertandingan yang dia tonton kala itu yg mana memiliki anggaran spesifik ketika bertanding pada tahun 1848.

Hingga akhirnya anggaran gagasan Morley yang ditetapkan pada rendezvous itu lahir & masih diterapkan sampai ketika ini seperti jersey klub, wasit, perlengkapan pemain, durasi, pelanggaran, bola masuk atau keluar permainan dan perhitungan skor.

Seiring berkembangnya ketika, ada  peraturan lainnya seperti tendangan penalti, penggunaan kartu kuning & merah, pergantian pemain sampai soal Back Pass (atau umpan ke arah kiper).

Dalam dokumen ‘FIFA Laws of the Game’ sepak bola memiliki beberapa aturan utama pada dalamnya yang mengatur permainan pada sepak bola itu sendiri. Pokok-utama tadi diantaranya:

1. Ukuran Lapangan misalnya panjang lapangan, dimensi garis-gari lapangan dan panjang dan tinggi tiang gawang.2. Pemain3. Durasi Permainan4. Aturan Permainan seperti Kick Off, Gol, Offside, Lemparan ke Dalam, Tendangan Gawang, & Penalti.lima. Perlengkapan pemain seperti Jersey, celana, kaus kaki, pelindung tulang kering, dan sepatu.6. Bola seperti berukuran, berat bola serta tekanan udara di pada bola.7. Wasit menjadi pengadil yang ditemani oleh asisten wasit dan dua hakim garis.8. Tendangan Bebas menjadi aturan yg menaruh laba bagi suatu waktu mendapat pelanggaran atau saat suatu tim melakukan pelanggaran.9. Tendangan Penalti yg diberikan waktu suatu tim melakukan pelanggaran pada kotaknya sendiri. Di dalamnya pula dibahas mengenai jarak tendangan penalti yakni 11 meter menggunakan aturan kiper tidak bola berkecimpung melewati garis dan pemain selain algojo tidak boleh masuk ke kotak sebelum bola ditendang.10. Pergantian Pemain yang mengatur jumlah pergantian yakni maksimal3 kali. Namun aturan ini tak berlaku buat laga persahabatan ataupun pada keadaan kahar.

Itulah sederet aturan pokok dalam sepak bola yg termaktub pada ‘FIFA Laws of the Game’ yang lalu harus dipatuhi & diterapkan sang negara-negara anggota FIFA lainnya.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *