Seri 4 Liga 1 Digelar Di Bali, Terdapat Uji Coba Kehadiran Penonton

SOLOPOS.COM – Logo Liga 1 (Liputan6)

Solopos.com, BADUNG — Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terbaru terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level dua, dan Level 1 mengenai Covid-19 pada wilayah Jawa dan Bali. Kebijakan itu tersebut tertuang dalam bentuk Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 01/2022.

PromosiMengapa Penangkapan Pengguna Narkotika Tak Mengurangi Kasus

Dalam Inmendagri terbaru itu mengungkapkan peraturan dan kebijakan pada banyak hal yg wajibdipatuhi sang rakyat. Aturan itu merinci aktivitas sosial, budaya, pendidikan, hingga dengan keolahragaan secara menyeluruh. Termasuk mengatur rencana diadakannya penonton di perhelatan BRI Liga 1 2021/2022.

Dalam poin kedelapan di Inmendagri itu dijelaskan kebijakan khusus yang mengatur planning adanya penonton di penyelenggaraan pertandingan Liga 1. Pada poin ke-4 bahwa akan dilakukan uji coba pertandingan Liga 1 dengan menerima penonton eksklusif pada stadion.

Baca Juga: Dihantam Covid-19, Liverpool Ingin Duel Lawan Arsenal Ditunda

Namun dengan ketentuan yakni uji coba dilakukan dalam satu pertandingan setiap pekan, jumlah penonton aporisma 25% berdasarkan kapasitas stadion atau paling banyak 5.000 orang. Hanya penonton dengan kategori hijau pada pelaksanaan PeduliLindungi yg boleh masuk di stadion, & pertandingan yang dilakukan uji coba menggunakan penonton dipengaruhi oleh PSSI & PT LIB.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam rilis Liga Indonesia Baru, Rabu (lima/1/2021) sore menegaskan pihaknya sangat mendukung kebijakan pemerintah itu. Iriawan menyampaikan semua ketentuan mengenai penyelenggaraan pertandingan sepak bola selalu menyesuaikan menggunakan peraturan yg dikeluarkan pemerintah.

“Kami selalu patuh dan taat pada ketentuan yg telah dikeluarkan sang pemerintah. Termasuk dalam penyelenggaraan pertandingan sepak bola Liga 1 yang rencananya akan dihadiri oleh penonton. Detail yg akan ditentukan pada planning itu jua menyesuaikan menggunakan kebijakan pemerintah yang terkini,” tegas Mochamad Iriawan.Peraturan

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita menginformasikan, pihaknya jauh hari telah merencanakan buat menyelenggarakan pertandingan dengan penonton terbatas dalam penyelenggaraan Seri 4 BRI Liga 1 2021/2022. LIB juga sudah membuat peraturan spesifik buat penonton atau pendukung tim yang sanggup masuk ke dalam stadion. Peraturan itu juga telah diubahsuaikan dengan kebijakan pemerintah.

“Beberapa peraturan yg harus dipatuhi contohnya penonton wajibtelah melakukan tes swab antigen menggunakan output negatif & telah masuk pada pelaksanaan PeduliLindungi. Penonton dan siapa pun yg bisa masuk ke pada stadion, wajibsudah mendapatkan vaksin 2 kali. Tanpa kecuali,” ujar Akhmad Hadian Lukita.

Baca Juga: Jelang Hadapi Persija, PSIS Kenalkan Pemain Asing Baru, Ini Sosoknya

Dia menyampaikan waktu ini sudah dimatangkan terkait sistem & lebih jelasnya pengaturan rencana adanya penonton di stadion. Di antaranya tentang pelaksanaan yang dipakai, jumlah yg sanggup hadir pada stadion, sampai dengan pengaturan loka penonton duduk pada dalam stadion.

“Insya Allah pada pekan depan sudah terdapat penonton dalam pertandingan BRI Liga 1 2021/2022. Tentu dalam jumlah yg terbatas dan penerapan prokes yg ketat. Kami meminta dukungan seluruh pihak supaya sanggup patuh dan disiplin. Ini adalah hajatan kita bersama. Dibutuhkan tanggung jawab & komitmen bersama buat bisa memuluskannya,” pungkas beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *