Peraturan Pertandingan Turnamen Futsal Gpkn Cup – Pdf Free Download

PERATURAN PERTANDINGAN TURNAMEN FUTSAL GPKN CUP A. PERATURAN RESMI BERMAIN 1. Permainan dilakukan menggunakan 5 orang dilapangan buat tiap tim (termasuk penjaga gawang) & sisanya berada pada bench. 2. Kedua tim harus bermain menggunakan warna kostum yang tidak sinkron. apabila sama, maka keliru satu tim harus mengenakan rompi yang tidak selaras rona. Sama atau tidaknya warna pakaian ditentukan sang wasit. 3. Tim yang mencetak angka lebih banyak dari tim lawan akan memenangkan pertandingan. 4. Pemain yang mendapat kartu kuning 2 kali pada satu babak yang sama pada satu pertandingan (merah tidak langsung), juga kartu merah eksklusif akan dimuntahkan berdasarkan pertandingan. lima. Permainan dianggap terselesaikan bila sesudah peluit memulai pertandingan dibunyikan keliru satu tim mempunyai pemain kurang berdasarkan 3 orang pada lapangan. Dengan istilah lain, tim tersebut dipercaya kalah/WO (walk out). Tim yang belum memenuhi jumlah pemain saat ketika pertandingan telah dimulai atau telat selama 5 mnt maka tim tersebut dianggap kalah/WO. 6. Tim yg kalah seperti dijelaskan pada poin lima, maka tim versus akan dipercaya menang dengan skor 3-0. Pada babak perempat final, tim yg WO akan eksklusif didiskualifikasi dari TURNAMEN FUTSAL GPKN CUP.

B. PERATURAN PEMAIN 1. Pemain yang mampu ikut bertanding TURNAMEN FUTSAL GPKN CUP merupakan pemain yg: a. Memenuhi ketentuan-ketentuan yg dimuat dalam formulir pendaftaranyang telah dibentuk misalnya pemuda Nias berumur 16 – 35 tahun, menaruh identitas diri (KTP atau SIM), menyelesaikan porto pendaftaran , & seterusnya. b. Terdaftar dalam formulir registrasi TURNAMEN FUTSAL GPKN CUP dan melengkapi ketentuan lain yang sudah ditentukan oleh panitia. 2. Jumlah pemain yang dapat didaftarkan yaitu 8 – 10 orang. Pemain yg diperbolehkan memasuki lapangan hanya 5 orang sedangkan pemainnya lainnya berada pada bench. 3. Pemain harus mengenakan kelengkapan futsal, seperti memakai shin guard, memakai kaos kaki panjang, & memakai sepatu buat bermain futsal (tidak berpul). 1

4. Shin guard nir boleh terbuat dari kardus atau bahan-bahan lain yg tidak seharusnya digunakan. lima. Ketentuan kaos kaki yang panjang, yaitu kaos kaki yang minimal mencapai betis kaki & menutup keseluruhan berdasarkan shin guard. 6. Pemain dihentikan memakai atribut yg tak sepantasnya digunakan didalam pertandingan futsal. Contohnya adalah gelang, kalung, jam tangan & benda berharga lainnya. Atribut yang tajam jua tidak diperkenankan dipakai pada pertandingan. Semua atribut akan dicek oleh panitia bersama wasit, dan wasit berhak menentukan atribut mana yg tidak layak buat dipakai. 7. Kuku pemain yang akan bertanding wajibpendek.

C. SISTEM PERTANDINGAN 1. Sistem pertandingan adalah sistem setengah kompetisi dengan ketentuan sebagai berikut: a. Penilaian poin pada babak penyisihan.  Menang : tiga poin  Seri : 1 poin  Kalah : 0 poin b. Kedua tim dengan poin teratas menurut masing-masing grup akan lolos ke babak selanjutnya (perempat final). c. Pertimbangan tim yang lolos dari poin tertinggi, jika terdapat persamaan poin antar tim maka produktivitas gol memasukan saja yg kemudian akan menjadi pertimbangan. d. Jika dibutuhkan akan diadakan play off menggunakan memperhatikan pertimbangan di atas. e. Play off dilakukan menggunakan penalty shootout. f. Babak perempat final dilakukan dengan menggunakan sistem gugur. g. Penentuan versus dalam perempat final dilakukan menggunakan cara drawing. 2. Waktu bermain merupakan 2 x 15 mnt menggunakan saat istirahat lima mnt. tiga. Waktu time out diberikan untuk masing-masing tim merupakan 1×30 dtk (hanya ada dua kali time out dalam suatu pertandingan). Time out boleh dilakukan dua kali sekaligus pada satu babak, selama yang meminta merupakan tim yang tidak selaras. Selama time out waktu pertandingan akan terus berjalan. Serta selama 2 menit terakhir pertandingan, tim manapun tidak boleh meminta time out. 4. Pada perempat final apabila sampai saat 2 x 15 mnt skor masing seri maka akan diadakan babak tambahan selama dua x lima mnt dengan ketika istirahat dua mnt. Tetapi jika hingga saat babak tambahan saat skor masih imbang, maka akan diadakan penalty shootout. lima. Prosedur penalty shootout. a. Penendang penalti hanya tiga orang sang setiap tim baik yg bermain di lapangan juga dari bangku cadangan, & 1 orang penendang sudden death. Setiap penendang penalti harus dicatat lebih dulu sebelum proses adu penalti dimulai.

b. Apabila adu penalti sudah dilaksanakan & hasilnya masih seri maka akan diadakan sudden death. c. Sudden death hanya diadakan sekali, dimana perwakilan satu tim akan menjadi penendang & perwakilan tim lain akan menjadi kiper. d. Penendang sudden death nir boleh pemain yang sudah menendang pada adu penalti normal. e. Tim yang sebagai penendang dan sebagai kiper akan ditentukan oleh pelemparan koin. Jeda antar pertandingan maksimallima mnt dan diatur oleh panitia pelaksana. Pertandingan dimulai menggunakan kick off dua sentuhan. Jika eksklusif menembak ke gawang tanpa melakukan 2 sentuhan, kick off dipercaya tidak sah dan bola akan dipercaya goal kick kepada tim versus. Kick off akan dilakukan ketika: a. Pertandingan babak pertama dimulai. b. Pertandingan babak kedua dimulai. c. Pertandingan babak tambahan dimulai (apabila terjadi). d. Setelah terjadi gol. Ketentuan kick off diantaranya: a. Tiap pemain wajibberada di daerah lapangan masing-masing. b. Bola wajibberada sempurna ditengah lapangan (lebih tepatnya di titik kick off). c. Setelah wasit membunyikan peluit, maka kick off bisa dilakukan. d. Jika terjadi gol, tim yg kebobolan akan melakukan kick off balik . Indirect free kick terjadi jika: a. Kiper mengontrol bola menggunakan tangan/kaki di wilayah lapangannya lebih berdasarkan 4 detik. b. Kiper menangkap bola berdasarkan rekannya tanpa bola tersentuh versus sebelumnya. c. Sebuah tim melakukan back pass pada kiper. Indirect free kick dilakukan menggunakan 2 sentuhan. Jarak pemain versus terhadap titik bola merupakan 3m. Ketentuan direct free kick: a. Jika bola eksklusif ditendang ke gawang dan terjadi gol, maka gol tersebut dipercaya sah. b. apabila bola yang ditendang mengenai lawan & keluar ke sudut lawan/ke wilayah gawang lawan, makan akan terjadi corner kick. Penalty kick terjadi jika: a. Terjadi pelanggaran oleh pemain pada wilayah kotak penaltinya sendiri. b. Terjadi hand ball oleh pemain pada daerah kotak penaltinya sendiri. Jika terjadi pelanggaran lebih menurut 5 kali oleh tim yang sama pada babak yg sama, maka akan terjadi second penalty dimana tendangan dilakukan di titik 2 penalti tanpa adanya tembok penghalang. Jika posisi terjadi pelanggaran keenam lebih dekat ke gawang dibandingkan letak titik second penalty & masih di luar kotak penalti makan tim yg dilanggar berhak melakukan direct free kick tanpa tembok penghalang ditempat dimana terjadinya pelanggaran. Pelanggaran akan pada-reset sebagai 0 selesainya pergantian babak. tiga

13. Jika permainan dilarang oleh wasit buat alasan peringatan menurut wasit, maka akan terjadi indirect free kick berdasarkan tempat dimana wasit memberhentikan bola. 14. apabila bola keluar ke sisi lapangan juga menyentuh langit-langit pada jaring, maka akan terjadi tendangan ke pada (kick in). Ketentuan tendangan ke dalam: a. Posisi bola diletakkan baik dari titik dimana bola tadi meninggalkan lapangan (maupun jaring) dalam permukaan pada luar lapangan menggunakan jeda nir lebih berdasarkan 25cm dari titik tadi. b. Waktu buat menendang bola paling lama4 dtk. Jika melebihi 4 dtk, maka tendangan ke dalam akan menjadi hak tim lawan. c. Waktu mulai dihitung saat wasit telah menganggap pemain tadi sudah siap buat melakukan kick in. d. Jarak pemain versus terhadap titik bola merupakan 3m. 15. Ketentuan back pass a. Apabila bola belum melewati garis tengah lapangan sendiri dan bola dioper ke kiper kemudian kiper mendapat maka akan dianggap pelanggaran. b. Pemain boleh mengoper kepada kiper yang berada di daerah lapangan sendiri bila bola telah melewati garis tengah lapangan & sudah menyentuh pemain lawan. Namun operan balikke kiper hanya bisa dilakukan sekali sehabis bola melewati garis tengah. Bola wajibmeninggalkan lapangan pertandingan atau mengenai versus dahulu agar operan ke kiper bisa dilakukan lagi. 16. Tidak terdapat offside dalam futsal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *