Operator Uji Coba Penonton Saksikan Perserikatan 1 Di Stadion

Foto : Pendukung PS Sleman (gambaran)

Jakarta, HanTer – Setelah uji coba menyertakan penonton secara terbatas di kompetisi Liga 2 berhasil dijalankan dengan baik, kinihal yang sama akan diterapkan PSSI & PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator jelang kick-off putaran ke 2 Liga 1, Januari ini.

Sebelumnya, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan modern terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level tiga, Level dua, & Level 1 Corona Virus Disease 2019 di daerah Jawa & Bali. Kebijakan modern tadi dikeluarkan pada bentuk Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor01 tahun 2022.

Dalam Inmendagri modern itu menjelaskan peraturan & kebijakan pada banyak hal yang harus dipatuhi sang masyarakat. Mulai berdasarkan aktivitas sosial, budaya, pendidikan sampai dengan keolahragaan secara menyeluruh. Termasuk pada antaranya mengatur planning diadakannya penonton di perhelatan BRI Liga 1 2021/2022.

Pada diktum kedelapan pada Inmendagri angka 01 tahun 2022 itu dijelaskan kebijakan khusus yg mengatur rencana adanya penonton di penyelenggaraan pertandingan Liga 1. 

Disebutkan dalam poin ke-4 bahwa akan dilakukan uji coba pertandingan Liga 1 menggunakan menerima penonton langsung pada stadion, dengan ketentuan; (a) uji coba dilakukan dalam satu pertandingan setiap minggunya, (b) jumlah penonton maksimal25% dari kapasitas stadion atau paling banyak 5.000 orang.

Kemudian poin (c) hanya penonton dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk di stadion & (d) pertandingan yang dilakukan uji coba menggunakan penonton ditentukan oleh PSSI & PT LIB.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menegaskan pihaknya sangat mendukung kebijakan pemerintah tadi. Menurut Iriawan, seluruh ketentuan mengenai penyelenggaraan pertandingan sepak bola, akan selalu menyesuaikan menggunakan peraturan yg dikeluarkan pemerintah.

“Kami selalu patuh dan taat pada ketentuan yg sudah dikeluarkan sang pemerintah. Termasuk dalam penyelenggaraan pertandingan sepak bola Liga 1 yang rencananya akan dihadiri sang penonton. Detail yang akan ditentukan dalam rencana tadi, pula menyesuaikan menggunakan kebijakan pemerintah yang modern,” tegas Mochamad Iriawan.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita menginformasikan, pihaknya jauh hari telah merencanakan buat menyelenggarakan pertandingan dengan penonton terbatas pada penyelenggaraan putaran 2 atau Seri 4 Liga 1 2021/2022. 

Dalam hal ini, LIB juga telah membuat peraturan khusus buat penonton atau pendukung tim yg bisa masuk ke dalam stadion. Peraturan itu, kata Akhmad Hadian Lukita, juga sudah diubahsuaikan dengan kebijakan pemerintah.

“Beberapa peraturan yang wajibdipatuhi contohnya penonton harus sudah melakukan tes swab antigen dengan hasil negatif & sudah masuk dalam pelaksanaan PeduliLindungi. Penonton dan siapa pun yang mampu masuk ke pada stadion, harus sudah menerima vaksin dua kali. Tanpa kecuali,” ujar Akhmad Hadian Lukita.

Pria penyuka formula one itu pula menginformasikan, saat ini telah dimatangkan terkait sistem dan lebih jelasnya pengaturan rencana adanya penonton pada stadion. Di antaranya mengenai aplikasi yang digunakan, jumlah yg mampu hadir di stadion, hingga menggunakan pengaturan loka penonton duduk di dalam stadion.

“Insya Allah pada pekan depan telah ada penonton dalam pertandingan Liga 1 2021/2022. Tentu pada jumlah yang terbatas dan penerapan prokes yang ketat. Kami meminta dukungan semua pihak agar sanggup patuh & disiplin. Bagaimana pun ini adalah hajatan kita bersama. Dibutuhkan tanggung jawab dan komitmen beserta untuk bisa memuluskannya,” pungkas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *