Apa itu Fobia Gelap? Yuk Kenali Ciri-cirinya

Kenali Fobia Gelap dan Cara Mengatasinya - Alodokter
Apa itu Fobia Gelap? Yuk Kenali Ciri-cirinya

 

Forum Media Informasi – Fobia hitam ataupun nyctophobia merupakan kendala intelektual di mana seorang mempunyai rasa khawatir yang kelewatan kepada kemalaman. Orang yang mempunyai kendala ini dapat merasakan belingsatan ataupun takut kala terletak di tempat tidak bercahaya di mana saja, apalagi di kamar tidurnya sendiri.

 

Perasaan khawatir merupakan marah yang timbul di isi kepala seorang kala hendak mengalami stiuasi yang dikira bisa mematikan keamanan dirinya. Dalam situasi wajar, perasaan khawatir ini sesungguhnya dapat dikendalikan.

 

Tetapi, bila timbulnya rasa khawatir tidak dapat terkendali serta merasa belingsatan yang kelewatan kala berdekatan dengan pangkal kekhawatiran, hingga ini telah tercantum dalam fobia. Terdapat banyak tipe fobia, salah satunya merupakan fobia hitam.

 

Pemicu serta Pertanda Fobia Gelap

 

Khawatir hendak kemalaman sering dirasakan oleh kanak- kanak umur 2–8 tahun. Tetapi, tidak menutup mungkin anak berumur anak muda serta orang berusia pula dapat mendapatinya.

 

Sepanjang ini, pemicu timbulnya fobia hitam belum dikenal dengan cara tentu. Hendak namun, sebagian riset membuktikan kalau orang dengan fobia kemalaman bisa jadi sempat hadapi peristiwa mencekam di tempat yang hitam, alhasil beliau merasakan rasa khawatir yang hebat kala kembali terletak di tempat yang hitam.

 

Terdapat pula yang melaporkan kalau timbulnya rasa khawatir ini diakibatkan oleh kebingungan kelewatan sebab tidak dapat mengidentifikasi serta memandang area di sekelilingnya dengan bagus dampak kemalaman.

 

Dikala terletak di tempat yang hitam, semacam di bioskop, di dalam kamar tanpa sinar, ataupun di hutan yang hitam kala malam hari, pengidap fobia hitam bisa merasakan sebagian pertanda raga, semacam:

 

Susah bernafas

 

Keringat dingin

 

Debar jantung bertambah ataupun berdebar- debar

 

Dada terasa ketat serta nyeri

 

Gemetar

 

Kesemutan

 

Pusing

 

Sakit perut

 

Pingsan

 

Tidak hanya itu, fobia hitam bisa membuat pengidapnya hadapi beberapa keadaan selanjutnya:

 

Khawatir berjalan pada malam hari

 

Merasa takut, belingsatan, serta gugup dikala terletak di tempat gelap

 

Cuma bisa tidur dalam situasi ruangan yang terang

 

Senantiasa mau menjauh ataupun pergi dari tempat gelap

 

Marah tanpa alibi yang nyata kala terletak di tempat yang sedikit cahaya

 

Berlainan dengan rasa khawatir lazim, orang dengan fobia hitam bisanya hadapi kendala dalam menempuh kegiatan tiap hari sebab rasa khawatir yang tidak terbendung kepada kemalaman.

 

Tidak hanya itu, situasi ini dapat membuat pengidapnya merasa terhimpit, tidak aman, apalagi hadapi tidak bisa tidur.

 

Metode Menanggulangi Fobia Gelap

 

Bila Kamu mempunyai fobia kepada kemalaman, selanjutnya ini sebagian perihal yang bisa dicoba buat menanganinya:

 

Psikoterapi

 

Psikoterapi bisa menolong orang dengan fobia hitam buat mengenali perasaan takut serta mengubahnya dengan benak yang lebih positif kala berdekatan dengan penyebab fobianya.

 

Salah satu metode psikoterapi yang kerap dicoba buat menolong menanggulangi fobia hitam merupakan pengobbatan sikap kognitif.

 

Dengan psikoterapi, psikolog ataupun psikiater hendak melatih Kamu supaya bisa berasumsi dengan hening serta menancapkan uraian kalau terletak di tempat yang hitam tidak senantiasa mendatangkan ancaman.

 

Pengobbatan paparan( eksposur)

 

Pengobbatan paparan bermaksud buat menolong melawan fobia yang dipunyai, alhasil Kamu bisa mengatur rasa khawatir serta takut yang timbul. Tata cara ini dicoba dengan cara berangsur- angsur dengan menguraikan ataupun menghadapkan Kamu dengan fobia yang Kamu punya.

 

Kala Kamu telah sedia, psikolog ataupun psikiater hendak membimbing Kamu buat menghadiri tempat yang hitam serta melatih Kamu supaya tidak kembali khawatir terletak di tempat itu.

 

Pengobbatan relaksasi

 

Pengobbatan relaksasi, semacam metode respirasi serta konsentrasi, dapat membuat Kamu jadi lebih hening dalam mengalami kekhawatiran yang dirasakan. Tidak hanya itu, pengobbatan tipe ini pula menolong Kamu mengatur tekanan pikiran serta pertanda raga yang timbul dampak fobia hitam.

 

Bila fobia hitam yang Kamu natural tidak pulih dengan psikoterapi ataupun pengobbatan paparan, hingga dokter bisa meresepkan obbat penenang buat membuat Kamu merasa lebih hening. Tetapi, pemakaian obbat itu umumnya cuma buat waktu pendek.

 

Tiap orang mempunyai kekhawatiran ataupun bisa jadi fobia tertentu. Bila fobia hitam ataupun fobia lain yang Kamu rasakan telah membuat Kamu susah beraktifitas ataupun telah dialami sepanjang lebih dari 6 bulan, hingga situasi itu butuh dikonsultasikan ke ke psikiater.

 

Sehabis menempuh pengecekan psikiatri, dokter hendak memastikan tahap penindakan yang pas cocok dengan keparahan fobia hitam yang Kamu natural. 

 

Semoga informasi ini bermanfaat