Jenis Tinta untuk Jasa Percetakan Buku Jakarta

Bagi Anda yang hanya sekedar menggunakan layanan jasa cetak buku murah, penting juga untuk mengetahui apa saja jenis tinta-tintanya. Jadi fungsinya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dikarenakan memiliki hasil cetak berbeda pada medianya.

Jenis Tinta untuk Jasa Percetakan

Ada banyak jenis tinta yang sebenarnya digunakan oleh jasa cetak buku murah. Tentu mereka memilih secara berkualias dan menyesuaikan dengan spesifikasi mesin printer. Terlebih apabila diperlukan percetakan secara khusus maka pemakainnya akan jauh lebih spesifik.

  1. Pigment Art Paper Ink

Jenis tinta ini sangatlah cocok untuk usaha percetakan foto dan desain dengan kualitas optimal. Secara khusus, pigmen art paper ink memang telah diformulasikan dalam pemakaian mesin printer EPSON. Kelebihannya yakni mengandung 50% air dan 50% minyak.

Selain itu, jenis tinta ini mampu mencetak hasil desain dengan pilihan warna CMYK. Hasil yang tercetak akan terlihat lebih cerah, tajam dan cepat kering. Bahkan hanya terkena oleh sinar matahari saja sudah langsung kering tanpa bantuan pemanas.

  1. Sublimation Ink

Jenis tinta ini kerap digunakan untuk mencetak desain pada produk yang memiliki permukaan keras. Misalnya pada kaos polyester. Dalam penggunaannya, maka diperlukan mesin printer EPSON dan RICOH.

Selain itu juga diperlukan kertas sublimate, media berwarna terang dan mesin cetak panas yang sudah dilapisi oleh polyester. Tujuannya agar proses sublimasi bekerja. Hasil cetakannya berupa gambaran magnetic seperti tatakan gelas, logam dan ubin kaca.

  1. Eco Solvent

Dibandingkan dengan tinta solvent, jenis ini lebih ramah lingkungan dan mampu menghasilkan hasil cetakan relatif cepat kering. Ketahanan terhadap goresan dan kimia tergolong tinggi karena mempunyai fiksasi tinta.

Bila dibandingkan dengan PVC biasa, jenis tinta ini lebih unggul karena telah didukung oleh lapisan PE. Sementaar tingkat keausannya tergolong rendah sehingga mampu membuat mesin printer awet dalam jangka waktu lama.

Itulah tadi tiga jenis tinta yang sering digunakan oleh tempat jasa cetak buku murah. Anda pun mungkin masih belum banyak tahu mengenai hal ini sehingga hanya menerima hasil jadi dari petugas percetakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *