Jual Ikan Koi Sampang

Mana yang benar? Banyak sebagian orang banyak yang membicarakan apakah jenis Ikan Koi di kolam sedalam hampir 3 meter ini merupakan jenis ikan hias yang sangat bagus? Tapi ada juga yang bilang kalau kolam sedalam 3 meter itu terlalu tinggi? Lalu berapa sebenarnya kedalaman ikan koi yang ideal? Berikut ulasan lengkapnya..

Sebenarnya masalah seperti itu kembali lagi ke masing-masing orang, karena itu adalah kebutuhan pribadi dan masalah selera, mungkin bisa berbeda-beda tergantung selera. Tetapi jika Anda mencoba memahami karakter ikan, maka opsi kedua tampaknya lebih baik.

 

Menentukan kedalaman kolam ikan koi

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa untuk menikmati keindahan ikan koi, mereka bisa membuat kolam koi yang dangkal dengan ukuran antara 30cm dan 50cm, sehingga ikan koi dapat terlihat dengan baik, pendapat seperti itu sebenarnya sah-sah saja. , namun jenis kolam yang dangkal ini membuat ikan koi tidak dapat tumbuh secara maksimal.

Ketika ikan koi berukuran jumbo dipelihara di kolam yang dangkal, tubuh ikan koi sedikit demi sedikit ditekuk sehingga unsur keindahan tubuh ikan koi berkurang.

Solusinya adalah dengan membuat kolam ikan koi dengan kedalaman yang cukup, namun disini juga kondisi air harus selalu bersih dan juga terlihat jernih agar kita bisa melihat kolam ikan koi yang sangat dalam namun hanya dari kejauhan.

Tahap pembuatan kolam koi yang representatif membutuhkan biaya yang tidak sedikit, yang terkadang berbenturan dengan biaya yang tersedia dari pekarangan itu sendiri.

Jadi lebih baik jika kolam yang Anda bangun masih kecil tetapi kualitasnya sangat bagus daripada memiliki kolam yang besar tetapi kualitas airnya sangat buruk.

 

Setelah Anda memahami prinsip dasar kolam koi, yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa ikan koi tidak mudah terserang penyakit.

Konstruksi kolam koi yang tepat akan menambah keindahan

Selain itu, saat membuat kolam ikan koi, pertimbangan harus diberikan pada berapa banyak ikan koi yang akan dipelihara dan seberapa besar koi jika sudah dewasa.

Ukuran kolam koi yang kecil dan dangkal tidak dapat menunjang pertumbuhan ikan koi secara signifikan dan tidak akan mencapai ukuran jumbo. Selain itu, di kolam ikan koi ini, seiring dengan pertumbuhan ikan koi yang semakin dewasa, berbagai kotoran dan juga bahan kimia berbahaya lainnya seperti amonia juga akan diproduksi, dengan itu produksi amonia di dalam kolam akan meningkat pesat. .. Dan itu akan terjadi kemudian .. akan mempengaruhi kesehatan dan kehidupan ikan koi.

Sumber oksigen penting dalam produksi kolam koi

Agar dapat merancang kolam ikan koi secara optimal, dua hal yang harus diperhatikan, pertama adanya sumber oksigen yang cukup dan sistem filter yang sangat baik.

Seperti hewan lainnya, ikan koi membutuhkan asupan oksigen yang maksimal untuk bernafas, dan ikan koi ini juga termasuk ikan yang cukup rentan dengan kondisi kolam yang tidak memberikan suplai oksigen.

Jadi jika ingin membuat kolam koi, pastikan suplai oksigen di kolam koi tertutup dan cukup. Oksigen ini dapat dibuat dengan pergerakan air di kolam koi, seperti air terjun, atau dengan menambahkan aerator ke kolam koi. Sistem filter juga berperan sangat penting dalam menjaga kualitas air di kolam.

Karena itu filter pada kolam ikan koi ini merupakan equipment yang wajib dalam Membuat Kolam Koi,sistem filter yang ada di dalam Kolam ikan Koi ini tidak cukup hanya menghasilkan air yang bersih dan juga jernih ,yang mana ini sama saja seperti halnya kolam renang dengan menambahkan Chlorine misalnya.

Zat yang disebut Chlorine ini merupakan jenis zat yang mana zat ini amat sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup ikan koi. Maka,ketika sudah ada sistem filter di dalam Kolam Koi  ini,maka juga seharusnya dapat menjamin bahwa kolam Koi bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Pembuatan Desain Kolam

Setidaknya, untuk saat ini terdapat 3 jenis desain untuk kolam ikan koi yang mana 3 jenis itu berdasarkan bentuk, yakni persegi, lingkaran, dan model bebas. Bentuk persegi ini kerap sekali digunakan baik dalam budidaya ikan koi maupun jenis ikan lainnya.

Bentuk persegi ini  diciptakan agar kolam tetap mempunyai style formal. Gaya seperti  ini sangat cocok untuk pelengkap rumah minimalis, modern, dan ruangan untuk keperluan lainnya.

Sementara itu, kolam dengan bentuk lingkaran dan elips sangat cocok untuk anda yang mempunyai desain rumah bergaya elegan, mewah, tradisional, dan cocok juga di bangun di ruangan informal. untuk model terakhir, yakni gaya bebas yang mana gaya ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada bangunan rumah wisata dan juga penginapan seperti villa dan hotel. Hal ini difungsikan agar para pengunjung memperoleh sebuah inspirasi desain kolam yang lebih banyak,

Penentuan Ukuran Dan Kedalaman Kolam

Pada tahap ini, setidaknya anda memerlukan sebuah ketelitian dan juga perhitungan yang begitu matang,agar nantinya kolam yang dihasilkan bisa sesuai dengan rancangan dan desain yang anda inginkan.

Adapun kedalaman kolam yang cocok untuk budidaya ikan koi yang cukup ideal adalah 1 meter untuk koi yang mempunyai ukuran kurang dari 30 cm, lalu kemudian ukuran 1-1,5 meter untuk koi berukuran antara 30-50 cm, dan terakhir kedalaman lebih dari 3 meter untuk koi berukuran lebih dari 60 cm.

Lalu jika anda budidaya ikan koi dalam skala besar dan kebanyakan dihuni oleh ikan koi dengan ukuran 60 cm lebih,maka lebih baik anda membangun kolam dengan kedalaman 4,5 meter,namun dengan begitu maka akan membutuhkan biaya yang cukup besar dalam membangun nya.

Selain itu, tentukan juga dalam penentuan ukuran ini,di mana anda  juga harus memperhatikan populasi ikan yang akan menempati.kolam tersebut dan pastikan pula populasi ikan ini cukup untuk ikan mendapatkan asupan makanan,jangan sampai terlalu sedikit.

Karena akan menyebabkan ikan kesulitan dalam menemukan makanan. Sebaliknya,apabila anda terlalu memperbanyak populasi ikan,maka dengan ini akan menyebabkan ikan akan saling berebut makanan dan juga oksigen. Untuk populasi yang cukup ideal adalah seekor ikan koi bisa menempati 4 X ukuran tubuhnya dan itu sangatlah wajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *